Kamis, Maret 07, 2019

Mahasiswa Akan Hadang Kedatangan Jokowi di Sumsel

HarapanRakyat -Sejumlah elemen mahasiswa seSumatera Selatan memastikan diri akan menghadang kedatangan Jokowi, Presiden dan sekaligus calon presiden nomor urut 01 di Palembang, Sabtu, 9 Maret 2019.

Presiden Jokowi dijadwalkan akan menyapa ratusan ribu massa anak muda di kota Palembang dalam ajang "South Sumatra Millennial Road Safety Festival". Sedangkan sebagai calon presiden Jokowi direncanakan menghadiri acara deklarasi alumni Sriwijaya bersatu for Jokow1 di gedung PSCC.

HMI mempertanyakan kapasitas Jokowi pada acara South Sumatra Millennial Road Safety Festival.
Menurut dia, jika Jokowi hadir sebagai presiden, seharusnya pamflet sebaran Direktorat Lalu Lintas Polda Sumsel mencatumkan gambar Jokowi.  HMI menganggap kehadiran Jokowi dianggap kurang tepat karena kembali bertarung dalam Pilpres. Dikhawatirkan Polri menjadi alat politik salah satu peserta pilpres yang dianggap membahayakan demokrasi. "Kami tidak ingin polisi terlibat agenda politik praktis."

Penegasan itu disampaikan langsung Ketua Umum Badan Koordinasi (Badko) HMI Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) Bambang Irawan dalam keterangan tertulis seperti yang dikututif di Entry RMOL. Sumsel, Rabu (5/3/19).
Menurutnya, jika Jokowi hadir sebagai presiden, maka seharusnya pamflet sebaran Satuan Lalu Lintas Polda Sumsel mencatumkan gambar Jokowi.

Artinya Polda Sumsel telah menipu peserta yang akan ikut acara tersebut,” terangnya.

Baginya, andai Jokowi datang sebagai presiden itu juga tidak tepat. Ini mengingat Jokowi tidak bisa dilepaskan dari status sebagai calon presiden di Pilpres 2019.

Sementara jika Jokowi hadir sebagai capres, maka pihak Polda Sumsel berpotensi melanggar pasal 28 UU 2/2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

"Di pasal 28 itu dijelaskan dengan seksama, polisi harus netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri dalam kegiatan politik praktis. Kalau pihak polda Sumsel masih bersih kukuh menghadirkan Jokowi, maka dapat kita lihat dengan jelas, aparat Polda Sumsel telah menyalahgunakan jabatan dan kekuasaan,” tegas Bambang

Komisaris Besar Dwie Asmoro, Direktur Lalulintas Polda Sumsel mengatakan "South Sumatra Millennial Road Safety Festival" merupakan salah satu gerakan sosial kepolisian untuk mengurangi tingkat kecelakaan. Angka kecelakaan merupakan penyebab kematian yang cukup tinggi dengan korban sebagian besar anak muda.

Festival akan menghadirkan beragam acara di antaranya senam kolosal, color party, milenial community festival, festival perahu hias, vlog festibal, festival mpek-mpek, instagram foto contest. "Direncanakan akan dihadiri oleh Presiden Jokowi."

Jokowi dijadwakan hadir dalam acara South Sumatera Road Safety Millenials Festival yang digelar Polda Sumsel. Mahasiswa menolak karena masih mempertanyakan kapasitas Jokowi dalam acara tersebut.

"Rencana demo tetap ada dengan berbagai pertimbangan," kata , ketua Badko HMI Sumatera Bagian Selatan Bambang Irawan, Rabu, 6 Maret 2019.  Menurut perencanaannya Sebelum rombongan Jokowi masuk kota, mereka akan dicegat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.


Red+ dari berbagai sumber

SHARE THIS

Author:

MARI MEMBANGUN KEBERSAMAAN, BERSAMA KITA BERJUANG

0 Please Share a Your Opinion.:

Diharap Memberi Komentar Yang Sopan & Santun
Terimakasih Atas Partisipasi Mengunjungi Web Kami

Hukum

Kesehatan

»

Serba Serbi

Artikel Penting Untuk Dibaca

loading...
loading...