Rabu, Oktober 30, 2019

Bagi Pengguna Hp Iphone, Awas Aplikasi Ini, Jangan di Instal




HarapanRakyat-Bukan hanya aplikasi di Hanphone Android yang rentan disusupi virus jahat, aplikasi iOS juga demikian. Ada belasan aplikasi iOS yang terdeteksi memiliki virus Trojan yang akan mengganggu kinerja iOS anda.

Jangan coba-coba mendownload lalu menginstal ke 17 Aplikasikasi tersebut, namun jika Hp Iphone anda telah terlanjur memuat Aplikasi salah satu diantaranya, jangan ragu-ragu segera Uninstal.  

Perusahaan keamanan mobile Wandera telah merilis 17 aplikasi iOS yang telah terinfeksi virus jahat. Virus versi Trojan ini dapat mengeruk keuntungan dari iklan yang diklik. 17 aplikasi tersebut telah dipublikasikan oleh perusahaan yang berbasis di Gujarat, India, AppAspect Technologies Pvt. Ltd, App sangat mudah diserang yang disebut dengan Virus Clicker Trojan. 

Virus Clicker Trojan adalah jenis virus jahat berbasis penipuan iklan dengan cara membuat koneksi ke jaringan iklan atau situs secara berkala untuk memalsukan jumlah pengunjung atau menciptakan keuntungan dengan metode pembayaran per klik,” terang pihak Wandera.

Secara teknis, aplikasi yang disusupi virus tersebut bisa menerima perintah dari server pengendali untuk memuat iklan, membuka situs di background ponsel, dan mengubah pengaturan iPhone menjadi subscriber dari layanan berbayar tanpa sepengetahuan si pengguna. Tentu hal ini berbahaya.

Seperti yang mereka laporkan pada saat itu, malware clicker Android Trojan dibundel dengan lebih dari 33 aplikasi yang didistribusikan melalui Google Play Store dan diunduh oleh pengguna lebih dari 100 juta kali sebelum aplikasi dihapus daristore – sayangnya, App Store Apple tidak menyediakan statistik pemasangan aplikasi sehingga tidak mungkin untuk mengetahui berapa banyak orang yang menggunakan perangkat iOS mereka dalam kampanye penipuan iklan ini.

Trojan yang dijuluki  Android.Click.312.origin akan aktif 8 jam setelah aplikasi diluncurkan untuk menghindari deteksi. Varian lain bernama Android.Click.313.origin  kemudian ditemukan oleh para peneliti Dr Web saat menganalisis kampanye jahat.

Wandera juga merekomendasikan untuk menginstal solusi keamanan seluler yang akan memblokir aplikasi iOS Clicker Trojan Malware agar tidak berkomunikasi dengan server C2 mereka untuk melindungi data Anda agar tidak diambil dan dicuri.

Untungnya, pihak Apple telah menyingkirkan seluruh 17 aplikasi tersebut dari platform Apple App Store agar tak lagi bisa diunduh oleh pengguna iPhone. Namun bagi kalian yang barangkali masih memiliki aplikasi ini di iPhone, langsung uninstall, ya!

Berikut daftar aplikasi tersebut:
  1. RTO Vehicle Information
  2. Islamic World - Qibla
  3. My Train Info - IRCTC and PNR
  4. EMI Calculator and Loan Planner
  5. File Manager - Documents
  6. Restaurant Finder - Find Food
  7. Smart GPS Speedometer
  8. Dual Accounts
  9. Around Me Place Finder
  10. BMI Calculator - BMR Calc
  11. Daily Fitness - Yoga Poses
  12. FM Radio - Internet Radio
  13. Easy Contacts Backup Manager
  14. Ramadan Times 2019
  15. CrickOne - Live Cricket Scores
  16. Video Editor - Mute Video
  17. Smart Video Compressor
Redaksi

SHARE THIS

Author:

MARI MEMBANGUN KEBERSAMAAN, BERSAMA KITA BERJUANG

0 Please Share a Your Opinion.:

Diharap Memberi Komentar Yang Sopan & Santun
Terimakasih Atas Partisipasi Mengunjungi Web Kami

Hukum

Kesehatan

»

Serba Serbi

Artikel Penting Untuk Dibaca

loading...
loading...